Jawaban-jawaban Keren untuk Pertanyaan Seputar Materi Mata Kuliah Character Building Tentang Menjadi Diri Sendiri

A. BAGAIMANA CARA MENGHILANGKAN RASA PESIMIS DAN MINDER / TIDAK PERCAYA DIRI ?

1. Jangan terlarut-larut dalam kegagalan, segeralah bangkit;

2  Hentikan bersaing dengan semua orang yang membuat kita minder dengan kemampuan yang kita miliki. Ajaklah ia berteman, berkolaborasi/bekerja sama supaya bisa melengkapi dan sukses bersama-sama;

3. Ikuti passion kita masing-masing. Asah semua kemampuan terbaik kita di bidang tertentu yang kita senangi sehingga kita menjadi seorang ahli dalam bidang tersebut. Dengan kita jadi ahli di suatu bidang, rasa percaya diri kita akan terpancar dengan sendirinya.

B. HAMBATAN UTAMA YANG PALING TERASA UNTUK SESEORANG SEHINGGA TIDAK BISA JADI DIRI SENDIRI ?

1. Semua orang tentu perlu menjaga citra diri dan etika dalam bersosialisasi namun apabila terlalu JAIM, maka kamu akan capek sendiri karena harus selalu berpura-pura jadi orang lain;

2. Ingin selalu terlihat sempurna di mata orang lain sehingga sangat berhati-hati supaya orang lain tidak mengetahui kelemahan kamu dengan harapan mereka tidak akan meninggalkan kamu seorang diri;

3. Selalu merasa pesimis dan minder ketika melihat keunggulan yang dimiliki orang lain sehingga kamu berusaha untuk meniru semirip mungkin dengan mereka dari berbagai hal yang membuat kamu kewalahan dan tertekan menjalaninya;

5. Terlalu peka perasaan, sering merasa segan untuk mengatakan tidak karena takut mengecewakan orang lain, sehingga kamu dipaksa untuk menjadi orang lain demi orang lain.

 

C. BAGAIMANA CARA MENGHENTIKAN AMBISI INGIN MENYENANGKAN SEMUA ORANG TANPA TERKECUALI ?

Untuk menghentikan ambisi agar semua orang disenangkan adalah dengan cara sadar pada diri sendiri bahwa setiap orang punya kesan masing-masing pada sosok diri kita. Kita cukup berbuat baik, tidak mengganggu orang lain, bersikap sesuai norma dan kesopanan yang berlaku, selebihnya persilahkan orang lain menilai.

Orang-orang yang suka dengan kita, akan menerima kita apa adanya. Tidak perlu selalu sempurna di hadapan mereka. Sedangkan, orang yang tidak suka pada kita akan selalu mencari celah supaya kita terlihat salah dan tidak akan pernah benar di mata mereka.

Jadi untuk menghilangkan ambisi tersebut bisa juga dengan cara menyayangi diri kita sendiri, kita pun perlu dipahami dan perlu disenangkan oleh orang lain. Dan tentunya jangan cari gara-gara yang dapat menambah musuh. Perbanyaklah teman.

 

D. BAGAIMANA MENYIKAPI ORANG TUA YANG SERING MEMBANDING-BANDINGKAN ANAKNYA DENGAN ANAK ORANG LAIN YANG LEBIH BERPRESTASI ?

Sah-sah saja Orang tua membandingkan anaknya dengan anak orang lain mungkin supaya memacu kita untuk bisa sehebat mereka. Tapi, kita harus bisa tunjukkan pada orang tua kita itu bahwa kita bisa sukses dengan jalan kita sendiri / di bidang yang kita sukai contoh jadi Yotuber sukses, gamer sukses dan lain lain. Sehingga secara otomatis orang tua kita akan mendukung dan berhenti membanding-bandingkan kita dengan anak orang lain lagi karena pada dasarnya bakat setiap anak itu beda-beda.

 

E. BAGAIMANA CARA KITA MENUMBUHKAN RASA CINTA TERHADAP PEKERJAAN ?

Rasa Cinta terhadap pekerjaan bisa timbul karena:
1. Memang kita ada kesenangan / passion dalam pekerjaan itu sehingga sesulit apapun kerjaannya akan dijalani dengan bahagia karena ada dorongam batin dalam mengerjakannya. Jadi sebisa mungkin cari pekerjaan sesuai dengan bidang yang kita sukai.
2. Pekerjaan yang kita dapatkan untuk bertahan hidup, walaupun bukan bidang yang kita suka mengerjakannya tapi karena itu menyangkut bertahan hidup secara otomatis kita akan terbiasa mengerjakannya walaupun memang terasa membosankan.
Jadi solusinya adalah Bersyukurlah, lalu ingat bahwa di luar sana tentu masih banyak para pengangguran yang nasibnya jauh kurang beruntung dari kita. Mereka bahkan tidak pasti harus kerja apa untuk bisa bertahan hidup.

F. BAGAIMANA MENYIKAPI TUNTUTAN ORANG LAIN KEPADA KITA SUPAYA MERUBAH SIKAP KITA YANG DIANGGAP MEREKA TIDAK BAIK, BUKANKAH ITU SAMA ARTINYA DENGAN KITA TIDAK MENJADI DIRI SENDIRI ?

Menjadi diri sendiri bukan berarti menganggap bahwa diri kita sudah sempurna tanpa cacat dan cela. Kita masih sangat butuh masukan dan perbaikan dari orang lain supaya kebiasaan buruk dari diri kita hilang/diperbaiki walaupun kebiasaan buruk tersebut sudah sangat identik dengan diri kita. Setiap manusia tidak ada yang sempurna. Jadilah diri sendiri dari segi hal yang positif dari diri kita. Dan semua hal yang negatif dari diri kita jangan ragu untuk dihilangkan. Penilai terbaik untuk memperbaiki diri kita salah satunya adalah keluarga, teman dan orang lain. Jika kita dikritik untuk memperbaiki satu aspek dari diri kita yang dianggap mengganggu orang lain, bukan berarti kita dipaksa jadi orang lain. Kita juga butuh penilaian dari orang lain supaya tidak menjadi pribadi yang cepat puas dan memiliki ego tinggi merasa sempurna. Jangan ragu untuk selalu memperbaiki sisi diri yang masih banyak cela nya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *