Tips Ampuh Memilih Tempat Kos yang Murah, Nyaman, Aman dan Sesuai Kantong Para Perantau Serta Kisaran Harga Kos di Kota Jakarta

Memilih tempat kos yang Murah, Nyaman, Aman dan Sesuai Kantong Para Perantau di Kota-kota besar khususnya kota Jakarta, bukanlah hal yang mudah. Terkadang memilih kos yang sempurna bagi kita itu sama sulitnya dengan mencari kerja. Ada yang murah tapi fasilitasnya sangat buruk, ada yang fasilitasnya lengkap tapi biaya sewa per bulannya sangat mahal sehingga akan menguras kantong kita dalam-dalam.

 

Berikut ini adalah Tips Ampuh Memilih Tempat Kos yang Murah, Nyaman, Aman dan Sesuai Kantong Para Perantau Serta Kisaran Harga Kos di Kota Jakarta.

1. Pastikan kalian HARUS cari kos yang kamar mandinya di dalam. TITIK! Kenapa harus kamar mandi yang di dalam ? Harus anda pahami bahwa keperluan mandi, cuci, kakus itu adalah kebutuhan urgent dan ekslusif  bagi setiap orang. Kita tidak bisa memprediksi apa yang terjadi pada tubuh kita yang memerlukan adanya ketersediaan kamar mandi 24 jam non stop. Kalau anda memaksakan diri untuk memilih tempat kos yang kamar mandinya masih harus berbagi dengan penghuni kamar kos lainnya (kamar mandi di luar) anda akan kesulitan untuk membahagiakan hidup anda. Semua serba terbatas, tidak bisa leluasa, harus nunggu antrian, serta harus menerima risiko apabila ada prnghuni yang memiliki kebiasaan jorok ketika menggunakan toilet yang tentunya akan menyebalkan. Pokonya pastikan hal pertama yang kalian pikirkan ketika ingin mencari tempat kos adalah tempat kos yang kamar mandinya ada di dalam.

 

2. Tentukan kisaran harga sewa kos per bulannya ada di angka berapa, lalu sesuaikan dengan kemampuan kantongmu. Hitung berapa gajimu, biaya hidup yang harus dikeluarkan per bulannya apakah masih memungkinkan untuk bisa memenuhi tagihan bayar sewa kos ? Misalkan saya beri contoh:

Kos A menawarkan sewa kos per bulannya sebesar Rp 700.000 dengan fasilitas seadanya seperti kamar mandi di dalam tapi kurang bersih, Kasur, Bantal dan Lemari, Jemuran, Gratis buang sampah, parkiran.

 

Kos B menawarkan sewa kos per bulannya sebesar Rp 1.400.000 dengan fasilitas freewifi 24 jam non-stop, kamar mandi di dalam yang bersih, kasur, kipas angin, bantal, lemari, Jemuran, Gratis buang sampah, parkiran.

 

Dari 2 pilihan tersebut mana yang harus dipilih ?

 

Kalau rekomendasi saya adalah Kos B. KENAPA saya lebih memilih Kos B yang harga sewanya 2 kali lipat dibanding dengan Kos A dengan fasilitas hampir sama ?

 

Begini alasannya, Kos B dengan harga sewa Rp 1.400.000 per bulan sudah termasuk freewifi 24 jam non-stop. Itu adalah kuncinya. Coba anda hitung baik-baik berapa banyak uang yang harus anda habiskan untuk membeli kuota internet dalam waktu 1 bulannya ?

 

Apalagi kalau misal anda adalah seorang penggiat sosial media, youtuber, influencer, bloger atau pebisnis online yang bisa dikatakan tidak bisa hidup tenang tanpa adanya koneksi internet. Pemakaian internet untuk upload video ke channel youtube atau hanya untuk sekedar nonton videonya saja bisa lebih dari 200 ribu per bulan. Kalau saya sendiri malah bisa sampai 500 ribu karena sering upload video ke youtube. Dengan memilih Kos B, kalian akan  terselamatkan untuk biaya-biaya primer seorang konten kreator tersebut.

 

Kemudian perbandingan selanjutnya adalah kondisi kamar mandi sama-sama di dalam tapi untuk kos A, itu kamar mandinya tidak bersih, agak kumuh sedangkan kamar mandi kos B bersih. Pengalaman saya sendiri bahwa kamar mandi itu adalah sumber masalah besar untuk kesehatan penghuni kos. Dari kamar mandi bisa keluar serangga dan binatang melata yang sangat merugikan bagi kesehatan seperti kecoa dan kelabang. Sudah!!! Kalau 2 hewan tersebut saya temui di kamar mandi, sudah males memasukinya juga. Jadi kamar mandi yang bersih, bebas dari serangga dan binatang melata akan membuat hidup kita juga sehat. Lebih bersemangat untuk membersihkan diri dan bisa lebih khusuk karena tidak merasa cemas akan diteror 2 serangga mengerikan tersebut ketika kita sedang asyik mandi misalkan. Dan memang jujur saya sendiri ketika memilih tempat kos untuk ditinggali terlebih dahulu yang saya perhatikan adalah bentuk dan kondisi kamar mandinya.

 

Selanjutnya di kos A harga Rp 700.000 tidak tersedia kipas angin, berarti kita harus membeli sendiri sesangka  di kos B sudah diberikan fasilitas kipas angin. Anda harus paham, kota Jakarta itu suasananya pengap, panas dan bikin gerah. Kipas agin itu sangat diperlukan di dalam kamar kita. Kalau fasilitas kipas angin sudah tersedia dari pemilik kos, kita gak perlu repot-repot lagi kan untuk membelinya.

 

Itulah alasan mengapa saya lebih memilih kos B dengan harga sewa 2 kali lipat lebih mahal dari kos A.

 

3. Perhitungkan akses tempat kosmu dengan lokasi tempat kerjamu. Tempat kos yang strategis, berada tidak jauh dari lokasi tempat kerjamu juga sangat penting. Untuk apa kos murah tapi lokasinya jauh karena kamu akan menghadapai hal-hal yang tidak diduga seperti kemacetan nantinya. Pastikan juga lokasi kos tersebut memiliki akses ke jalan raya yang mudah dan dekat untuk keperluan mobilitas kamu sehari-hari.

 

Untuk kisaran harga sewa kos di kota Jakarta saat ini adalah sebesar Rp 1.400.00 – Rp 1.600.000 untuk mendapatkan fasilitas seperti kos A yang saya ceritakan sebagai perbandingan di atas.

 

Nah itulah tips Ampuh Memilih Tempat Kos yang Murah, Nyaman, Aman dan Sesuai Kantong Para Perantau Serta Kisaran Harga Kos di Kota Jakarta. Semoga bermanfaat yak.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *