Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Mendapatkan Gaji Rutin Setiap Bulan dari Youtube

Menjadi Youtuber Sukses merupakan hal yang sangat bisa diraih oleh semua orang asalkan ada niat dan tahu bagaimana cara memulainya. Kebanyakan dari anda yang masih pemula menganggap bahwa menjadi seorang Youtuber sukses itu harus punya perlengkapan perekam yang komplit padahal sebenarnya bisa anda lakukan dengan menggunakan HP standar dengan harga Rp 1.800.00 – 4.000.00 an saja. Yang penting HP tersebut bisa merekam dengan kualitas video yang lumayan baik (tidak terlalu buram), bisa menampung tambahan penyimpanan dari SD card minimal 32 GB, Menginstall aplikasi pengedit video paling populer khusus untuk para Youtuber HP yakni Kinemaster, lalu paket internet untuk mengupload video anda ke channel youtube milik anda sendiri nantinya.

Cara Menjadi Youtuber Pemula
Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses

Harus anda ketahui bahwa Youtube ini selalu memberikan perlakuan khusus “menspesialkan” channel-channel Youtube yang memiliki konten yang unik, beda dari yang lain. Youtube akan membantu merekomendasian video anda kepada para penonton sehingga video tersebut akan mudah kebanjiran penonton.Tak perlu pusing memikirkan konten video untuk diuplaod di channel youtube anda. Ikuti saja hobi anda, atau pekerjaan anda sehari-hari, atau keahlian anda dalam bernyanyi, membaca ayat suci, memasak, merias wajah, menggambar, makan, memancing, berburu, melawak, tutorial, bermain alat musik dan masih banyak lagi.

Di era perkembangan pesat teknologi saat ini ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang. Salah satunya menjadi YouTuber. Tetapi jangan salah sangka, menjadi seorang YouTuber yang sukses (karena semua orang tentunya bisa menjadi Youtuber akan tetapi kalau menjadi seorang Youtuber Sukses belum tentu semua orang bisa), tak semerta – merta bisa dilakukan dengan membuat video saja. Ada beberapa cara menjadi YouTuber sukses yang harus dilakukan.

Sebelum jauh ke pembahasan, apa sih YouTuber sebenarnya? YouTuber ialah seseorang atau kelompok yang mencari uang melalui kanal YouTube. Dengan cara mengunggah video secara berkala. Seorang Youtuber tugasnya mengupload video-video menarik di channel Youtube miliknya. Channel Youtube bisa anda buat melalui gmail anda. Youtube sendiri merupakan situs penyedia layanan video yang dimiliki oleh perusahaan teknologi raksasa Google. Akan tetapi, video yang diunggah ke channel Youtube anda janganlah video sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa sukses meraup uang dari sana. Diantaranya adalah pastikan semua video yang kita upload tidak menggunakan material yang berkaitan dengan milik orang lain tanpa izin termasuk musik back soundnya. Ambilah musik-musik backsound royalty free yang telah disediakan oleh pihak Youtube di galery akun Youtube anda.

Cara Menjadi Youtuber Sukses dan Mendapatkan Gaji Rutin Setiap Bulan dari Youtube

Agar Anda bisa sukses di dunia YouTube dan bisa meraup banyak uang, perlu dilakukan beberapa hal. Sama halnya seperti yang dilakukan oleh para YouTuber terkenal di awal-awal karir mereka sebelum akhirnya bisa sukses besar semisal sebut saja Baim Wong, Rafi Ahmad, Ria Ricis, Atta Halilintar dan masih banyak lagi lainnya. Berikut adalah caranya:

1. Buatlah Channel YouTube Milik Anda Sendiri

Cara menjadi YouTuber sukses yang pertama harus Anda lakukan ialah membuat channel YouTube. Karena di sana nantinya Anda akan mengunggah video – video Anda sebagai konten menarik. Yang jelas dapat menghasilkan banyak uang jika sudah banyak viewernya. Cara membuatnya sangat mudah anda tinggal ketik saja Youtube di mesin pencari google lalu tekan tombol daftar. Nanti anda akan mendaftar dengan menggunakan Gmail anda.

2. Gunakan Ide dan Konsep Channel yang Sesuai dengan Hobi dan Minat Anda

Nah, untuk menjadi seorang YouTuber, Anda tak bisa asal – asalan. Harus ada ide dan konsepan yang terstruktur dalam channel YouTube Anda. Mengenai hal ini wajib dipikirkan secara matang dan disesuaikan dengan kemampuan. Entah itu bertujuan untuk menghibur, edukasi ataupun hal lainnya.Konten dalam video Anda juga harus dibuat semenarik mungkin. Jadi para viewer tak akan bosan melihat video Anda sampai habis. Bahkan harus bisa membuat mereka menjadi subcriber yang menanti – nanti datangnya video baru dari channel Anda.

3. Upload Video-video Unik dan Menarik ke Channel Youtube Anda Secara Rutin dan Konsisten

Di awal-awal memang akan terasa susah untuk bisa mengumpulkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang (sekitar 300.000 menit tayang) yang menjadi syarat utama untuk bisa mengajukan permohonan monetisasi channel youtube anda. Namun apabila anda sering mengupload video ke channel Youtube anda secara rutin dan konsisten maka lama kelamaan pihak Youtube akan merekomendasikan channel anda kepada pengguna yang lain.

Baca Juga

4. Buatlah Akun Adsense Anda Sendiri

Google AdSense merupakan akun wajib yang harus Anda miliki jika ingin mendapatkan uang dari kanal YouTube. Karena akun ini nantinya yang akan menyalurkan berbagai macam iklan pada video unggahanmu. Uang yang mengalir dan dapat kami raup berasal dari berbagai iklan yang ada tersebut. Biasanya ketika channel anda sudah memenuhi syarat monetisasi, secara otomatis anda akan disuruh membuat akun Google Adsense dari email anda tersebut.

Anda hanya diperbolehkan memiliki satu akun AdSense tidak boleh memiliki banyak akun dengan alamat dan data diri yang sama. Namun untuk satu akun Adsense yang sudah diterima oleh Google, anda bebas memiliki banyak channel Youtube. Sebagai informasi, pengaturan AdSense pada YouTube sering berubah – ubah. Jadi harus sangat diperhatikan dalam cara menjadi YouTuber sukses. Agar Anda bisa terus meraup keuntungan dari video unggahan Anda.

5. Apabila Anda Sudah Punya Modal Lebih, Belilah Alat Bantu Untuk Videografi dan Editing

Dalam upaya untuk menjadi YouTuber sukses Anda tak boleh pelit akan modal. Karena tanpa modal yang cukup, akan sulit untuk menghasilkan video yang berkualitas. Mengapa kualitas video menjasi tolak ukur kesuksesan? Tentu saja karena kualitas video mempengaruhi kenyamanan para viewer. Anda bisa mengupgrade sedikit demi sedikit kualitas video youtube anda seiring dengan masuknya penghasilan dari Youtube.

6. Terus Promosikan Channel YouTube Anda

Sama halnya dengan berdagang produk, video YouTube yang Anda uploud juga menjadi suatu dagangan yang perlu dipromosikan. Tanpa adanya proses promosi untuk mengenalkan channel dan video unggahan Anda, akan sangat sulit mendapat viewer. Apalagi jika Anda adalah seorang pemula. Hal ini bisa disiasati dengan menyisipkan intro ajakan Subscribe channel anda berdurasi pendek baik ditempatkan di bagian awal atau di akhir video Youtube anda. Tapi ingat jangan terlalu panjang lebar yak karena nanti penonton malah akan males membuka video kamu kalau intronya terlalu lama.

Anda bisa juga melakukan kolaborasi dengan YouTuber lain yang sudah lebih dikenal. Dengan begitu para viewer dan subcriber dia akan mengunjungi channel dan video Anda. Jika mereka tertarik, bisa saja menjadi viewer bahkan subcriber Anda. Namun apabila anda kesulitan mendapatkan partner yang bisa diajak berkolaborasi jangan putus asa. Lakukan dengan usaha sendiri juga akan baik-baik saja kok. Itulah cara menjadi YouTuber sukses? Silahkan dicoba. Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu, supaya bisa bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *