Cara Menjadi Penulis yang Tulisannya Bisa Diterbitkan Online

Menjadi seorang Penulis adalah salah satu cita-cita yang bisa dibilang sangat mulia bagi kemajuan literasi dan juga generasi bangsa Indonesia yang cerdas di masa yang akan datang. Dengan menulis berbagai macam karya tulis baik itu berupa tulisan tutorial, novel, cerpen, review dan lain-lain, anda bisa membantu banyak orang mendapatkan pengetahuan baru dan menemukan solusi dari bebagai macam permasalahan yang mereka tidak tahu sebelumnya.

Setiap orang pasti punya pengalaman, pengetahuan dan berbagai hal yang ingin diceritakan kepada banyak orang supaya bisa bermanfaat, hanya saja tidak semua orang yang mampu mengolah imajinasi di pikiran mereka ke dalam sebuah kata-kata yang tersusun baik sesuai ejaan yang tepat. Itulah mengapa pentingnya kita suka membaca atau mencerna banyak informasi dari berbagai media supaya perbendaharaan kata-kata yang kita miliki terus bertambah.

Ketidakpahaman seseorang akan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) yang meliputi penggunaan tanda baca, pelafalan huruf dan lain-lain, membuat mereka ragu untuk mulai menulis. Namun hal ini bisa diatasi dengan cara sering membaca banyak artikel di blog-blog atau portal-portal berita, sering membaca novel baik fisik maupun digital, sering membaca buku dan lain-lain. Intinya kita harus ada ketertarikan dahulu terhadap membaca, baru nantinya kita bisa mulai menulis dengan lancar.

Masalah selanjutnya adalah banyak orang yang kebingungan bagaimana cara menjadi penulis berdasarkan pada platform yang harus mereka gunakan untuk memposting tulisan mereka supaya bisa dibaca banyak orang dan juga dilirik oleh Penerbit ternama.

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara yang perlu anda lakukan yaitu:

1. Mulai membuat blog sendiri. Jika anda masih sangat awam dalam dunia blog, anda bisa memakai blog gratisan dari Google yakni Blogspot kelebihannya adalah anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan biaya perpanjangan domain + hosting tiap tahunnya karena sudah ditanggung oleh Google. Kekurangannya adalah akan ada embel-embel blogspot di belakang nama blog anda yang membuat terlihat kurang profesional.

Namun jika anda merasa ingin langsung serius, maka anda wajib membeli sebuah Domain + Hosting dan mulai mengoptimasi blog tersebut dengan tulisan-tulisan anda kelebihannya adalah blog anda akan terlihat profesional sehingga semua artikel atau tulisan yang anda posting pada blog anda tersebut akan terlihat lebih meyakinkan. Kekurangannya adalah anda diharuskan menanggung biaya perpanjangan hosting dan domain setiap tahunnya.

BACA JUGA:

 

2. Bergabung untuk membuat akun di berbagai platform kepenulisan online seperti misalkan Watpad dll. Dengan menulis di sana, apabila tulisan anda menarik pengguna platform tersebut maka anda akan kebanjiran pembaca. Setelah tulisan anda banyak yang baca, misalkan tembus jutaan reader/viewer, biasanya para Penerbit yang tentunya sudah bergabung dengan platform tersebut sejak lama, akan melirik anda dan menawarkan untuk menerbitkan karya anda tersebut ke dalam bentuk buku cetak. Syaratnya ya itu, tulisan anda wajib memiliki jumlah pembaca/viewer dan komentar yang banyak.

3. Menerbitkan karya tulis anda sendiri ke Google Play Book. Perlu anda ketahui bahwa trend pembaca buku digital semakin hari semakin berkembang. Salah satu platform ternama untuk bisa menerbitkan tulisan/buku anda ke dalam buku digital adalah Google Play Book. Dengan bergabung menjadi Partner di Google Play Book, anda bisa menerbitkan buku anda secara mandiri yang nantinya buku karya tulis anda tersebut akan langsung bisa diakses oleh semua orang di dunia yang menggunakan Handphone Android (terdapat aplikasi Google Play). Nah nanti, tulisan anda akan otomatis terpampang nyata di bagian tab Google Play Books. Para penulis ternama Indonesia sendiri saat ini sudah mulai serius menggarap Google Play Book, salah satunya adalah Penulis Terkenal Tere Liye. Sebagai informasi saja bahwa pembagian royalti di Google Play Book sangat tinggi yakni 70% untuk penulis dan 30% untuk Google sebagai penyedia tempat.

Namun untuk bisa diterima menjadi seorang partner di Google Play Books bukanlah sesuatu yang mudah. Tulisan/buku kita harus lolos review dari Tim Google Play Book terlebih dahulu yang biasanya memakan waktu sampai 7 hari kerja. Untuk mencapai hal tersebut, usahakan isi tulisan kalian adalah 100% Asli hasil pemikiran dan ketikan kalian sendiri bukan hasil copy paste dari berbagai sumber. Selain itu penggunaan gambar dalam tulisan/buku untuk menunjang isi buku anda juga wajib diperhatikan jangan sampai asal comot dalam mengambil gambar dari Google. Anda harus memakai gambar milik anda sendiri atau gambar hasil editan anda sendiri.

Nah itulah Cara Menjadi Penulis yang Tulisannya Bisa Diterbitkan Online. Semoga tulisan ini bermanfaat yak. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *