Cara Menjadi Reseller yang Sukses dan Kaya Raya

Pengertian Reseller

Salah satu solusi dalam menjual barang tanpa perlu memproduksinya sendiri adalah dengan menjadi seorang Reseller. Reseller adalah orang yang membeli produk dari supplier atau produsen untuk dijual kembali kepada pembeli. Keuntungan yang didapatkan dari seorang Reseller adalah dari selisih harga jual yang ia dapatkan dari Supplier / Produsen ke pelanggannya (pembeli). Untuk menjadi seorang Reseller yang sukses dan kaya raya, anda perlu memperhatikan beberapa hal yang akan kami jelaskan dalam artikel ini.

Berkembangnya teknologi yang semakin maju membuat setiap sisi kehidupan tak bisa lepas dari internet. Begitupun halnya dengan berbisnis. Melalui internet anda akan sangat mudah melakukan bisnis. Seperti halnya pebisnis online shop, yang juga mulai mengenalkan dan menjaring banyak reseller. Untuk itu perlu dipelajari bagaimana cara menjadi reseller yang sukses dan kaya raya.

Cara Menjadi Reseller Sukses dan Kaya Raya
Cara Menjadi Reseller Sukses dan Kaya Raya

Dalam berbisnis online ada beberapa macam cara yang biasa dilakukan oleh pelakunya, mulai dari membangun online shop milik sendiri hingga menjadi seorang reseller. Reseller ialah seorang penjual yang menjual kembali produk milik orang lain kepada pelanggannya. Kalau membuka toko online sendiri, Anda harus memiliki stok produk untuk dijual. Sedangkan reseller tak perlu melakukan hal tersebut. Seorang reseller hanya perlu mempromosikan produk dari toko utama untuk dijual kembali ke pembeli. Dan mengirimkan produk dari suppliar utama langsung kepada pembeli.

Baca Juga

Cara Menjadi Reseller yang Sukses dan Kaya Raya

Dengan menjadi reseller, jauh lebih menguntungkan dan mempermudah kerja Anda. Agar lebih efektif, simaklah ulasan mengenai cara menjadi reseller yang sukses dan kaya raya berikut.

1. Pilihlah Produk yang Mudah Dijual dan Supplier yang Besar Serta Terpercaya

Berbicara mengenai cara menjadi reseller yang sukses dan kaya raya, Anda harus pintar memilih produk yang berjenis mudah dijual kembali. Produk yang memiliki banyak pembeli cocok Anda jadikan ide untuk menjadi reseller. Jika Anda memilih produk yang minim peminat, bukan malah mendatangkan untung. Kerugianlah yang akan dituai. Karena Anda hanya menghabiskan banyak uang untuk modal promosi tanpa mendapatkan uang sebagai keuntungannya. Selain itu supplier besar adalah pilihan tepat untuk Anda jadikan pemasok produk. Karena semakin besar supplier, maka harga belinya akan semakin kecil. Jangan lupa juga pastikan Supplier yang anda pilih itu harus terpercaya dan banyak direkomendaskan oleh orang lain.

Cara untuk mendapatkan supplier besar dan terpercaya adalah dengan mencarinya di berbagai marketplace / ecommerce ternama saat ini seperti tokopedia, shopee, lazada, bukalapak, blibli dll. Anda bisa melakukan uji coba dengan membeli produk yang hendak anda jual kembali di toko-toko online yang terdapat di marketplace tersebut. Pilih toko yang menawarkan harga jual paling rendah untuk produk incaran anda namun dengan rating dan testimoni yang meyakinkan. Kalau dirasa pelayanan dari toko tersebut memuaskan, anda bisa menjadikan toko tersebut sebagai supplier anda. Anda tinggal memainkan harga jual produk tersebut kepada pembeli anda. Bahkan kalau misal anda sudah mejadi langganan dan berhubungan baik dengan “calon supplier” pilihan anda itu, tidak menutup kemungkinan mereka sendiri yang akan memberikan potongan harga spesial kepada anda sehingga anda tidak perlu lagi mengambil gap harga jual yang terlalu jauh dengan harga yang tersedia di pasaran namun tetap akan mendapat untung yang banyak.

Kelebihan lain dari mencari supplier melalui marketplace adalah uang anda akan terlindungi dalam artian sistem pembayaran dari masing-masing marketplace akan melindungi anda dari kemungkinan penipuan. Yang  perlu anda lakukan adalah langsung memesan produk yang akan anda jual kembali dengan menggunakan nama dan alamat komsumen anda. Jadi pihak supplier yang anda pilih itu diarahkan untuk langsung mengirimkan barang ke alamat konsumen anda. Dengan demikian durasi waktu pengiriman barang hasil reseller anda tersebut akan tepat waktu.

2. Hitunglah Persaingan Harga Jual Produk yang Anda Jual Kembali di Pasaran

Harga jual produk memang selalu bersaing ketat dengan yang lainnya. Apalagi produk yang dijual secara online. Hal ini sangat penting diperhatikan dalam cara menjadi reseller yang sukses dan kaya raya. Untuk itu Anda harus pandai – pandai menghitung. Karena ketelitian dalam menghitung harga beli dan harga jual harus sangat diperhatikan. Supaya Anda bisa tetap mendapatkan banyak keuntungan. Untuk biaya kirim dan lainnya harus Anda sendirikan. Karena hal ini nanti yang akan membuat Anda mendapat banyak untung dari bisnis reseller. Jangan sampai terjadi kesalahan dan lakukan pengelolaan uang secara seksama.

 3. Gunakanlah Sosial Media Dengan Secara Masif Sebagai Sarana Media Promosi

Sosial media merupakan salah satu alat penting yang bisa digunakan untuk segala macam hal. Salah satunya berbisnis. Dengan menggunakan sosial media, Anda dapat memperluas jaringan dan pasar. Semakin banyak orang mengenal produk Anda, akan membuat pasar jual Anda semakin luas. Dengan begitu, peluang terjualnya produk Anda akan semakin besar. Jangan lupa mintalah testimoni pada pembeli. Yang mana itu nanti dapat menjadi kunci kesuksesan Anda juga. Karena bisa menjadi acuan untuk calon pembeli ke depannya nanti.

Salah satu trik jitu pemanfaatan social media untuk keperluan promosi adalah bergabung dengan grup facebook sebanyak-banyaknya. Pastikan grup facebook yang anda ikuti harus sesuai dengan niche produk yang anda jual. Kalau bisa carilah grup-grup facebook yang bersifat umum dan bebas posting kapan saja tanpa harus menunggu persetujuan Adminnya. Salah satu niche grup facebook yang memiliki potensi besar untuk dijadikan media promosi adalah grup facebook jual beli dan grosir. Biasanya mereka juga membebaskan para membernya untuk melakukan live berjualan online di dalam grup tersebut.

Baca Juga

 4. Siap Siagalah Selama 24 Jam untuk Tetap Menjaga Kepuasan Pelanggan

Untuk menjadi pebisnis sukses, Anda harus rajin – rajin stand by selama 24 jam. Jangan sampai Anda kecolongan pembeli karena minim respon. Selain itu Anda juga harus melakukan kedisiplinan dalam usaha untuk menjadi reseller yang sukses dan kaya raya. Agar Anda bisa mendapatkan banyak untung dan tak lelah tanpa hasil. Jangan malas untuk sesegera mungkin merespon pertanyaan dari calon pembeli kamu. Apabila kamu merasa perlu ada waktu khusus yang tidak ingin diganggu oleh siapapun, persiapkan saja chatt khusus untuk balasan ke setiap calon pembeli berisi keterangan jam buka layanan pembeli di toko anda sehingga anda tidak perlu capek-capek lagi mengetik dari awal. Anda hanya perlu tinggal copy paste saja kata-kata tersebut dan kirimkan ke calon penjual anda. Pasti mereka juga akan mengerti dengan hal tersebut.

Selain itu anda harus menjadi seorang yang disiplin. Kedisiplinan merupakan salah satu kunci dari kesuksesan. Hal lain yang wajib Anda lakukan ialah menjadi seorang yang selektif dalam memilih konsumen. Jangan mentang-mentang tergiur banyak orderan sehingga anda menerima semua konsumen yang dari awal transaksi saja sudah sangat merepotkan anda dan sering banyak komplen. Anda berhak memilih konsumen-konsumen yang dinilai tidak menyulitkan anda sampai semua proses jual beli selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *