Apa Itu Asuransi Mobil dan Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Ada banyak faktor yang menyebabkan kita perlu mengasuransikan mobil kita untuk perlindungan dari kerugian yang ditimbulkan oleh beberapa hal ini seperti: Kesalahan orang lain, Terkena Banjir, Pencurian dan Kerusakan Mesin. Perusahan Asuransi Mobil akan siap menanggung biaya perbaikan di bengkel bahkan ada juga yang mampu menjamin ganti baru.

Biasanya kalau membeli mobil dengan cara cicilan ke Bank, pihak Bank pasti mengharuskan kita untuk memilih Asuransi Mobil. Hal tersebut sebagai antisipasi jikalau terjadi gagal bayar, pihak Bank ingin memastikan Mobil kita sedang dalam kondisi yang baik dan bisa diperbaiki yang biayanya ditanggung oleh Asuransi Mobil.

Jadi Asuransi Mobil adalah perlindungan untuk Mobil kita dari risiko kerusakan atau kehilangan di masa yang akan datang.

Secara umum Asuransi Mobil ada dua jenis:

1. Asuransi Mobil All Risk (Comprehensive)

Jenis Asuransi ini menerima apapun klaim atas kerusakan Mobil kita dari yang rusaknringan sampai rusak parah. Asuransi ini sangat cocok bagi kita yang baru saja membeli mobil baru ketika misalkan mobil kita lecet karena diserempet orang maka kita tinggal ajukan saja klaim ke pihak Asuransi Mobil sehingga biaya perbaikannya akan mereka tanggung.

Karena jenis Asuransi Mobil ini menanggung semua kerusakan, tentunya premi Asuransi Mobil All Risk ini lebih mahal. Besaran premi All Risk di wilayah Jakarta adalh 3,25% persen dari harga mobilnya sedangkan persentase premi tersebut jauh lebi mahal dari Total Loss Only yang berada pada kisaran 0,78% dari harga mobil untuk preminya.

2. Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Jenis Asuransi Mobil ini akan memberikan jaminan pertanggungan kepada nasabahnya hanya jika mobil hilang akibat pencurian atau terjadi keruskan pada mobil kita lebih dari 75% mobil pada saat itu. Artinya mobil kita harus benar-benar dalam kondisi tidak bisa dipakai lagi baru kita bisa mengajukan klaim Asuransi Mobil kepada pihak Perusahaan Asuransi yang kita pilih. Jadi kalau mobil kita hanya lecet sedikit atau penyok karena bersenggolan dengan sesuatu di jalan raya, jangan berharap untuk bisa klaim Asuransi Mobil.

Dikarenakan kalian baru bisa mengajukan klaim ketika mobil kalian rusak parah, tentunya besaran premi yang ditanggungkan kepada kita akan lebih ringan dibandingkan dengan Asuransi Mobil All Risk. Bahkan besaran preminya bisa 3x lipat lebih murah daripada premi Asuransi Mobil jenis All Risk. Untuk premi minimal di daerah Jakarta ada di kisaran 0,44% dibandingkan dengan harga mobil kita.

Rekomendasi Produk Asuransi Mobil Terbaik harus mencakup pada: Jenis, Fitur, Layanan, Bengkel Rekana dan Premi termurah. Beberapa Asuransi Mobil yang kami rekomendasikan ada Sinarmas, Aca, Autocillin, Allianz, Astra, Axa Mandiri dll.

BACA JUGA:

Cara Mendapatkan Asuransi Mobil Terbaik

– Pilih jenis Asuransi Total Loss Only agar premi yabg dibayarkan lebih rendah dibandingkan dengan premi jenis All Risk.

– Pilih Asuransi Mobil yang memberikan perlindungan dasar tanpa embel-embel perluasan jaringan.

– Pilih Asuransi Mobil yang memberikan value lebih seperti proteksi terhadap pengemudi dan juga penunpang.

– Pilih jenis Asuransi Mobil yang tepat dengan cara mengenali medan atau rute yang biasa kita lewati menggunakan mobil dan apakah kawasan kita ada di area padat kendaraan sehingga memungkinkan mobil kita lecet (maka pilih Asuransi Mobil All Risk) atau ada di area rawan kriminalitas seperti pencurian (maka pilih Asuransi Mobil Total Loss Only).

– Pilihlah Perusahaan Asuransi Mobil yang kredibilitas dan terpercaya soal pelayanannya.

– Pilih Perusahaan Asuransi Mobil yang memilik jaringan bengkel rekanan yang luas.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan mulai menyadari betapa pentingnya memiliki Asuransi Mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *