Inilah Daftar Lengkap Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2021 Total Ada 28 Atlet

Olimpiade Musim Panas yang seharusnya digelar pada tahun 2020 yang lalu, dikenal dengan nama Games of the XXXII Olympiad, adalah ajang olahraga internasional yang akhirnya secara resmi akan diselenggarakan di Tokyo, Jepang, pada tanggal 24 Juli sampai dengan tanggal 9 Agustus 2021 ini. Karena pandemic yang melanda Dunia, Olimpiade telah ditunda penyelenggaraannya dari yang harusnya digelar pada tahun 2020 yang lalu, menjadi baru bisa digelar tahun ini walaupun kondisi Pandemic belum menunjukan tanda-tanda 100% hilang. Namun, pesta Olahraga terbesar di dunia yang baru diselenggarakan setiap 4 tahun sekali ini harus tetap ada demi melanjutkan catatan sejarah penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas agar tidak terputus.

Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo
Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo

Olimpiade Tokyo 2020/2021

Menjadi juara di ajang Olimpiade Musim Panas merupakan impian bagi semua atlet yang ada di dunia ini dari semua cabang olahraga yang dipertandingkan. Dengan menjadi juara di Olimpiade yakni berhasil meraih medali emas untuk negaranya, nama mereka akan tercatat dalam sejarah dengan menggunakan tinta emas yang akan dikenang selama-lamanya oleh masyarakat dunia. Menjadi juara Olimpiade Musim Panas merupakan puncak dari segala prestasi seorang atlet dari semua cabang olahraga yang dipertandingkan. Semua usaha, kerja keras dalam berlatih, ketatnya kompetisi yang telah mereka jalani menuju Olimpiade agar lolos untuk berlaga di ajang bergengsi ini akan terbayar dengan sebuah predikat sebagai juara olimpiade yang akan melekat abadi pada dirinya.

Upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020/2021 rencananya akan diselenggarakan di Stadion Nasional, Jepang, pada hari Jumat tanggal 23 Juli 2021. Walaupun diadakan pada masa pandemic, tapi pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo berjanji akan menyuguhkan pertunjukan yang spektakuler pada pembukaan Olimpiade Tokyo tersebut.

Baca Juga

Total Cabang Olahraga yang Dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020/2021

Tercatat ada 33 cabang olahraga yang umum dipertandingkan dalam setiap penyelenggaraan Olimpiade selama ini dan akan ditambah dengan 5 cabang olahraga baru yang baru akan dipertandingkan di Olimpiade edisi Tokyo kali ini yaitu: bisbol (putra)/softball (putri), karate, olahraga memanjat dinding, selancar, dan skateboard.

Pertandingan berbagai cabang olahraga di Olimpiade Tokyo ini akan diselenggarakan di 43 tempat di seluruh penjuru negara Jepang, dengan kompetisi sangat ketat dari Atlet-atlet terbaik dunia yang akan bertarung dengan penuh semangat untuk memperebutkan sekitar 900 medali emas (atau bisa lebih).

Daftar Lengkap Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020/2021

Untuk keikutsertaan wakil Indonesia di ajang Olimpiade, sejak pertama kali berpartisipasi pada Olimpiade 1952 yang digelar di Helsinki, Finlandia, Indonesia baru mulai menorehkan prestasi gemilang ketika berhasil meraih 2 medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992 dari cabang olahraga paling popular di Indonesia yaitu olahraga Bulutangkis lewat Tunggal Putri yakni Susi Susanti dan Tunggal Putra yakni Alan Budi Kusuma. Tradisi Emas Indonesia di ajang Olimpiade dari cabang Bulutangkis tersebut berhasil beberapa kali dipertahankan hingga akhirnya harus terputus pada penyelenggaraan Olimpiade London 2012. Namun Indonesia berhasil menyambung kembali tradisi medali emas di Olimpiade melalui altet Bulutangkis Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir yang turun di nomor Ganda Campuran pada Olimpiade Rio De Janeiro, Brazil tahun 2016. Tentu kita berharap tradisi medali emas tersebut akan terus berlanjut di pergelaran Olimpiade kali ini yang akan berlangsung di negara Jepang. Berikut ini adalah Daftar Lengkap Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2021, Total Ada 28 Atlet, Cabang Olahraga Bulutangkis Diharapkan Bisa Kembali Menyumbangkan Medali Emas untuk Indonesia.

1. Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo pada Cabang Olahraga Bulutangkis

a. Mens Single

– Jonatan Christie

– Anthony Sinisuka Ginting

b. Mens Double

– Mohammad Ahsan & Hendra Setiawan (PELUANG SANGAT BESAR UNTUK MENDAPAT MEDALI EMAS)

– Marcus Fernaldi Gideon & Kevin Sanjaya Sukamuljo (PELUANG SANGAT BESAR UNTUK MENDAPAT MEDALI EMAS)

c. Womens Single

– Gregoria Mariska Tunjung

d. Womens Double

– Greysia Polii & ApriyaniRahayu

e. Mixed Double

– Praveen Jordan & Melati Daeva Oktavianti

2. Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo pada Cabang Olahraga Panahan (Archery)

a. Mens Individual:

– Riau Ega Agatha.

– Arif Dwi Pangestu

– Alviyanto Bagas Prastyadi

b. Mens Team

– Riau Ega Agatha

– Arif Dwi Pangestu

– Alviyanto Bagas Prastyadi

c. Womens Individual

– Diananda Choirunisa

d. Mixed Team

– Riau Ega Agatha

– Diananda Choirunisa

3. Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo pada Cabang Olahraga Athletics

a. Men’s 100 m

– Lalu Muhammad Zohri

b. Women’s 100 m

– Alvin Tehupeiory

4. Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo pada Cabang Olahraga Rowing

a. Women’s lightweight double sculls

– Melani Putri & Mutiara Rahma Putri

5. Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo pada Cabang Olahraga Shooting

a. Women’s 10 m air rifle

– Vidya Rafika Toyyiba

6. Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo pada Cabang Olahraga Surfing

a. Men’s shortboard

– Rio Waida

Klaim Gratis Ongkir Sekarang
Klaim Gratis Ongkir Sekarang

7. Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo pada Cabang Olahraga Swimming

a. Men’s 400 m freestyle & Men’s 1500 m freestyle

– Aflah Fadlan Prawira

b. Women’s 200 m individual

– Azzahra Permatahani

8. Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo pada Cabang Olahraga Angkat Besi (Weightlifting)

a. Men’s 61 kg

– Eko Yuli lrawan

b. Men’s 67 kg

– Deni

c. Men’s 73 kg

– Rahmat Erwin Abdullah

d. Women’s 49 kg

– Windy CantikaAisah

e. Women’s +87 kg

– Nurul Akmal

Kesimpulan

Itulah Daftar Lengkap Wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2021, Total Ada 28 Atlet dari 8 Cabang Olahraga yang berhasil mengirimkan wakil-wakil terbaik dari Indonesia untuk lolos ke Olimpiade Tokyo 2020/2021 dan bertanding dengan para atlet terbaik dari seluruh dunia. Walaupun harapan besar untuk mempertahankan tradisi membawa pulang medali emas dari ajang Olimpiade Musim Panas ini kembali dibebankan kepada Cabang Olahraga Bulutangkis, namun tidak menutup kemungkinan Cabang Olahraga lainnya mampu memberikan kejutan. Selamat berjuang untuk semua atlet-atlet Indonesia semoga bisa mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali emas sebanyak-banyaknya. Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *