Cara Daftar PPDB Online SMA dan SMK Seluruh Indonesia | Pendaftaran PPDB Online 2021 Sudah Dibuka

PPDB Online 2021

Pendaftaran untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK seluruh Indonesia tahun ajaran 2021 mulai dibuka hari ini, Senin tanggal 21 Juni 2021. Semua calon siswa dan siswi yang baru saja lulus dari jenjang sekolah menengah pertama (SMP) harus melakukan pendaftaran secara online atau PPDB Online untuk bisa bersekolah di sekolah yang mereka inginkan. Hampir semua sekolah tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia sudah mulai menerapkan PPDB Online untuk merekrut siswa-siswi menggali ilmu di sekolah mereka.

Cara Daftar PPDB Online SMA dan SMK
Cara Daftar PPDB Online SMA dan SMK

Dalam PPDB Online, Para calon siswa dan siswi SMA/SMK dapat memilih empat jalur dengan persentase penerimaan yang berbeda-beda, empat jalur tersebut yaitu: Jalur Zonasi dengan daya tampung 50 persen, Jalur Prestasi dengan daya tampung 30 persen, Jalur Afirmasi dengan daya tampung 15 persen, dan jalur perpindahan tugas orangtua dengan daya tampung hingga 5 persen. Berikut ini adalah tata cara dan alur pendaftaran PPDB Online lengkap.

Tata Cara dan Alur Pendaftaran PPDB Online Adalah Sebagai Berikut:

  1. Menyiapkan berkas persyaratan yang telah ditentukan di website resmi PPDB Online sesuai dengan provinsi tempat anda tinggal.
  2. Mengakses laman situs PPDB online sesuai dengan provinsi tempat anda tinggal. Atau ketik saja di google PPBD online, nanti akan muncul website resmi PDB online dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia. Seperti: PPDB Jakarta, PPDB Jawa Tengah, PPDB Sumatera Barat dll. Masing-masing PPDB tersebut memiliki website resminya yang terpisah.
  3. Mengisi formulir Ajuan Akun dan melakukan Aktivasi Akun secara online di website resmi PPDB Online sesuai dengan provinsi tempat anda tinggal.
  4. Melakukan login dengan Nomor Peserta berupa NISN dan password.
  5. Mengupload dokumen-dokumen persyaratan.
  6. Melakukan pemilihan sekolah sesuai dengan yang anda inginkan.
  7. Mencetak tanda bukti pendaftaran sebagai bukti ketika nanti datang ke sekolah yang anda tuju.
  8. Melihat hasil akhiur seleksi dan penguman secara online di laman situs PPDB online sesuai dengan provinsi tempat anda tinggal.

Jadwal pendaftaran PPDB Online Bersama Adalah Sebagai Berikut:

  1. Pendaftaran PPDB online dan pemilihan peminatan di sekolah berlangsung pada tanggal 21-23 Juni.
  2. Proses penempatan sekolah diperkirakan akan berlangsung pada tanggal 21-23 Juni.
  3. Pengumuman hasil seleksi PPDB online akan dilakukan pada tanggal 23 Juni pukul 17.00 WIB.
  4. Siswa dan Siswi yang sudah lolos dan mendapatkan penempatan di sekolah yang mereka kehendaki harus melakukan lapor diri pada tanggal 24-25 Juni hingga pukul 14.00 WIB.
  5. Melakukan Daftar Ulang di Sekolah yang diterima pada tanggal 28 Juni – 2 Juli 2021.
  6. Hari Pertama Masuk Sekolah secara serentak akan dimulai pada tanggal 12 Juli 2021.

Baca Juga

Cara Lolos Tes CPNS dan Informasi Tentang Persyaratan, Soal Tes CPNS dan Dokumen Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Mendaftar Tes CPNS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *