Cara Memasukan Token Listrik ke Meteran | Tutorial Isi Ulang Token Listrik dan Perkiraan Besaran Biaya Pemakaian Token Listrik Per Bulannya

Listrik Pulsa atau Listrik sistem Token menjadi trend terbaru dalam penggunaan listrik oleh masyarakat Indonesia saat ini. Kalau dulu pemakaian listrik itu secara otomatis anda bayarkan setiap bulannya ke tukang listrik, saat ini anda bisa mengatur sendiri berapa besar biaya pemakaian dan pengeluaran listrik yang akan anda pakai setiap bulannya dengan cara memakai Listrik Pulsa atau Listrik sistem beli Token Listrik. Sistem kerja listrik pulsa atau mengisi listrik dengan membeli token listrik ini sama persis dengan sistem pengisian pulsa untuk HP yang biasa kita lakukan sehari-hari. Kita bisa mengisi daya listrik kapan saya sesuai keinginan kita.

Cara Memasukan Token Listrik ke Meteran
Cara Memasukan Token Listrik ke Meteran

Keterangan: Pembelian Token Listrik senilai Rp 200.000 + (2.750 biaya admin Tokopedia), Mendapat Daya Listrik sebesar 144.5 kWh

Tutorial Isi Ulang Token Listrik

Untuk bisa menggunakan Listrik Pulsa yang penambahan dayanya menggunakan token listrik, terlebih dahulu anda harus memasang meteran khusus di rumah anda. Atau bagi anda yang merupakan anak kostan, lalu baru saja menempati tempat kost baru yang listriknya menggunakan listrik pulsa, anda perlu membaca langkah-langkah berikut ini supaya bisa langsung mengisi daya listrik kamar kostan anda:

1. Catat nomor meteran dan nama yang tercantum di meteran listrik rumah/kamar kostan anda.

2. Beli token listrik secara offline (anda bisa membeli token listrik di alfamart, indomart atau supermarket)  maupun online (anda bisa membeli token listrik di berbagai e-wallet seperti opo, dana, gopay atau di semua marketplace ternama yang ada di Indonesia seperti tokopedia, shopee, lazada, bukalapak dll).

3. Ketika anda sudah masuk di aplikasi penyedia layanan beli token listrik, pilih atau ketik Listrik PLN, lalu pilih Token Listrik pada bagian Jenis Produk Listrik, Isi Nomor Registrasi dengan nomor meteran listrik rumah/kamar kostan anda, kemudian setelah itu Isi kolom nominal dengan jumlah berapa rupiah yang akan anda keluarkan untuk mengisi token listrik. Biasanya tersedia pilihan dari 50.000 – 50.000.000. Lalu klik lanjut.

4. Pastikan semua data yang tertera pada menu bayar, sudah sesuai dengan data meteran listrik anda. Sebelum anda menekan menu bayar, anda bisa memanfaatkan menu masukan kode promo dengan diskon harga yang biasanya sudah otomatis terdapat dalam aplikasi anda (terutama aplikasi marketplace), ada juga yang berbentuk kode unik. Setelah anda memilih promo sesuai dengan yang tersedia, pastikan kode promo tersebut masih berlaku sehingga anda akan langsung mendapatkan potongan harga ketika telah selesai melakukan transaksi pembelian token listrik tersebut (biasanya potongan harga dari promo yang tersedia di aplikasi marketplace adalah dari Rp 500 sampai Rp 10.000, khusus bagi pengguna baru bisanya mendapatkan promo potongan token listrik 50% dari total harga yang dibelanjakan). Setelah itu tekan bayar dan pilih metode pembayaran sesuai dengan yang anda sukai.

5. Selajutnya, setelah transaksi anda berhasil, anda akan mendapatkan bukti pemberian yang berisi semua data anda. Pada bagian ini, fokuskan diri anda pada bagian Token yang berisi 15 nomor unik yang nantinya harus anda masukkan ke dalam meteran listrik rumah/kamar kostan anda.

Cara Memasukan Token Listrik ke Meteran

Setelah anda mendapatkan informasi token listrik yang berisi 15 nomor unik, hampirilah meteran listrik yang ada di rumah/kamar kost anda. Lalu masukan token listrik tersebut ke dalam meteran. Caranya adalah dengan langsung menekan satu per satu nomor token tersebut ke dalam metaran rumah/kamar kost anda melalui tombol-tombol angka yang tersedia di dalam metaran. Anda tidak perlu menekan tombol apapun terlebih dahulu seperti tombol panah ke atas atau ke bawah untuk mulai memasukkan token listrik anda. Langsung saja tekan nomor token listrik yang berisi 15 nomor unik satu per satu ke dalam meteran tersebut sampai selesai.

Pastikan setiap angka yang ditekan harus benar-benar terinput secara benar di dalam meteran. Terkadang, kita perlu menekan satu angka dua kali untuk memastikan angka tersebut sudah masuk ke dalam meteran. Setelah semua angka token listrik tersebut masuk, lalu tekan Enter. Maka jika anda melakukan proses tersebut dengan benar, otomatis meteran listrik tersebut akan menampilkan tulisan dalam bentuk angka yang terbaca “benar/b3n4r”. Saat itu juga, KWH listrik anda akan bertambah sesuai dengan KWH yang telah anda beli.

Perkiraan Besaran Biaya Pemakaian Token Listrik Per Bulannya untuk Anak Kostan

Untuk perkiraan besaran biaya pemakaian token listrik kami akan memberikan perkiraan dengan mengacu pada pemakaian listrik seorang penghuni kostan. Sesuai pengalaman yang telah kami rasakan, pembelian token listrik sebesar Rp 100.000 bisa awet sampai 3 bulan pemakaian, Wow Hemat banget kan ? Tentunya dengan rincian sebagai berikut:

– Kamar kostan anda terdiri dari 2 lampu yang hanya dinyalakan ketika malam hari atau ketika mendung mau hujan saja;

– Kamar kostan anda memiliki 1 buah kipas angin yang hanya dinyalakan ketika malam hari atau ketika gerah saja (tidak 24 jam dinyalakan);

– Kamar kostan anda melakukan charging Laptop (18 Jam Non-stop), charging beberapa HP secara bersamaan;

– Air di kamar mandi kostan anda tidak menggunakan listrik meteran kamar anda untuk menyalakannya (Air dari pemilik Kost bukan dari listrik meteran kamar anda).

Itulah cara Memasukan Token Listrik ke Meteran, Tutorial Isi Ulang Token Listrik dan Perkiraan Besaran Biaya Pemakaian Token Listrik Per Bulannya. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat bagi anda semua. Jangan lupa untuk bantu share ke semua media sosial yang anda miliki yak. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *