Cara Lolos Tes CPNS dan Informasi Tentang Persyaratan, Soal Tes CPNS dan Dokumen Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Mendaftar Tes CPNS

Kapan Pendaftaran Tes CPNS Akan Dibuka ?

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi impian sebagian besar masyarkat Indonesia, Gaji yang terjamin, serta banyaknya tunjangan yang akan didapat oleh seorang PNS membuat pendaftaran seleski TES PNS selalu berhasil dibanjiri peminatnya. CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil adalah sebutan bagi para pendaftar tes PNS. Setiap pesertanya pasti berharap lolos tes tersebut untuk bisa diangkat menjadi Seorang Pegawai Negeri Sipil.

Cara Lolos Tes CPNS
Cara Lolos Tes CPNS

Menurut rencana awal, jadwal pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 termasuk menjadi guru akan dibuka mulai 31 Mei 2021 namun ternyata diundur sampai waktu yang belum ditentukan. Oleh sebab itu sambil menunggu informasi selanjutnya tentang kapan tepatnya pendaftaran tes CPNS 2021 akan dibuka, alangkah baiknya kita mempelajari dulu cara lolos tes CPNS.

Perlu diketahui bahwa menjadi PNS adalah salah satu harapan terbesar bagi masyarakat Indonesia saat ini. Karena PNS merupakan profesi yang nyaman, terjamin, menyenangkan dan menjanjikan banyak tunjangan. Tetapi dalam tes penerimaannya, memang dirasa cukup sulit karena anda harus bersaing dengan jutaan orang lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah trik khusus agar bisa lolos. Lalu bagaimana cara lolos tes CPNS?

Baca Juga

Cara Lolos Tes CPNS

Berikut ini adalah ulasan yang menjelaskan kepada anda beberapa tips agar lolos tes CPNS 2021.

1. Belajarlah Menggunakan Komputer untuk Menghadapi Sistem CAT (Computer Assisted Test)

Karena saat ini sudah berada di era yang memanfaatkan kecanggihan teknologi, maka tes CPNS dilakukan dengan sistem CAT (computer assisted test), yang mana mengharuskan para peserta untuk menggunakan laptop atau komputer. Bagi siapa saja yang sering berkutat dengannya memanglah mudah. Tetapi bagaimana untuk orang – orang yang sangat jarang atau hampir tidak pernah menggunakan laptop atau kompoter? Tentu akan menjadi suatu tantangan yang harus dilakukan. Jangan sampai karena tidak memahami cara mengoperasikannya malah membuat Anda tak lolos tes tersebut.

Oleh karena itu, cara lolos tes CPNS yang pertama harus dilakukan ialah belajar menggunakan komputer atau laptop. Karena kemampuan ini nantinya yang akan menjadi dasar kesuksesan Anda untuk mengerjakan soal – soal dalam tes.

2. Cari Tahu Kisi – kisi Soal dan Materi Tes CPNS

Dalam tes CPNS, ada beberapa macam. Mulai dari tes wawasan kebangsaan atau TWK. Lalu tes intelegensia umum atau TIU, dan tes karakteristik probadi atau TKP. Yang mana dalam tes – tes tersebut memiliki kisi – kisi serta materi yang berbeda – beda. Maka langkah selanjutnya Anda harus selalu rajin mengupdate.

Anda bisa melakukan update ini dari aplikasi – aplikasi atau buku – buku yang tersedia. Ada berbagai macam yang sengaja dibuat dan diperjual belikan sebagai pedoman tes CPNS. Dan sudah sangat mudah untuk dijumpai di mana saja.

3. Melakukan Latihan

Sama halnya dengan persiapan ujian saat sekolah, yang mana memerlukan beberapa kali latihan dalam mengerjakan soal. Dengan begini akan membuat Anda terbiasa dan familiar dengan soal – soal yang ada. Cara lolos tes CPNS yang selanjutnya ialah belajar dengan mengerjakan soal – soal latihan.

Anda dapat menjadikan soal – soal tahun sebelumnya sebagai latihan. Atau bisa menggunakan buku – buku yang tersedia dengan latihan soal dalam tes CPNS. Sudah banyak sekali berbagai macam soal CPNS untuk latihan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah.

4. Memotivasi Diri yang Kuat

Selain persiapan – persiapan praksis, Anda juga harus menyiapkan mental. Dengan cara melakukan motivasi diri. Karena setiap hal yang dilakukan dengan rasa percaya diri bisa saja menghasilkan hal yang terbaik. Jadi buat Anda percaya diri, jangan sampai merasa minder dan murung.

Karena perasaan tersebut bisa membuat Anda jadi tertekan dan stress. Ketika hal itu melanda, Anda akan kesulitan dalam melakukan banyak hal. Jangankan menyelesaikan soal, Anda sudah merasa tak percaya akan diri Anda dari awal proses penyiapan.

5. Berdoa dan Meminta Restu dari Orang Tua atau Saudara

Nah, selain banyak berusaha dan berupaya, Anda juga tak boleh meninggalkan cara lolos tes CPNS yang terakhir. Yang mana setiap hal harus dilakukan dengan berusaha serta didampingi oleh doa. Selain itu restu dari kedua orang tua juga menjadi salah satu bekal yang harus Anda kantongi.

Dokumen-dokumen yang Dibutuhkan dan Perlu Anda Siapkan untuk Mendaftar Tes CPNS

Untuk mendaftar jadi seorang PNS kita perlu mempersiapkan beberapa dokumen penting sebagai syarat kelengkapanya. Pastikan anda mempersiapkan dan melengkapi semua dokumen yang akan kami sebutkan ini. Sejumlah dokumen yang harus dipenuhi oleh calon peserta seleksi CPNS dan PPPK 2021 pada dasarnya sama dengan persyaratan pada rekrutmen ASN tahun sebelumnya. Beberapa dokumen utama yang perlu disiapkan antara lain:

  • Kartu Keluarga (KK)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Ijazah dan Transkrip nilai
  • Pasfoto Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang dilamar

Materi Soal Tes/Seleksi CPNS yang Perlu Anda Pelajari

Matersi seleksi tes CPNS tahun ini nampaknya tidak akan jauh berbeda dengan matersi seleksi tes CPNS tahun lalu. Seperti tes CPNS yang berlangsung sebelumnya, tahapan seleksi penerimaan CPNS dan PPPK 2021 rencananya akan dilakukan dalam tiga tahap yakni seleksi administrasi (Pastikan anda telah melengkapi semua dokumen adsministrasi yang diminta oleh pihak panitia), seleksi kemampuan dasar (SKD) biasanya berupa kemampuan menjawab pertanyaan dalam bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika,  Seleksi kemampuan bidang (SKB) dimana anda harus menjawab soal-soal sesuai dengan bidang yang anda pilih. Sementara itu, materi seleksi penerimaan CPNS dan PPPK 2021 untuk SKD juga terdiri dari 3 komponen utama, yakni: Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) berisi pertanyaan-pertanyaan seputar Pancasila dan Kewarganegaraan, Tes Intelegensia Umum (TIU) berisi pertanyaan-pertanyaan yang mengarah pada logika dalam penyelesaiannya dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Untuk materi SKB akan berbeda-beda tergantung kebutuhan di formasi yang dituju berupa tes potensi akademik, tes bahasa asing, praktik kerja, psikotes, tes fisik, tes kesehatan jiwa, dan wawancara. Berbeda dari seleksi CPNS, untuk PPPK sistem yang digunakan adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dari Kemendikbud-Ristek. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda semua. Jangan lupa untuk share ke semua media sosial yang anda miliki supaya bisa bermanfaat bagi banyak orang. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *