Cara Supaya Kuat Puasa dan Tidak Merasa Lapar Serta Haus yang Berlebihan

Cara Supaya Kuat Puasa dan Tidak Merasa Lapar Serta Haus yang Berlebihan tentu sangat dibutuhkan oleh semua orang yang satu bulan ke depan ini sedang menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tantangan terbesar dari puasa adalah menahan haus dan lapar dari mulai waktu subuh sampai magrib yang kalau dijumlah sekitar 14 jam.

 

Dalam waktu selama itu, tubuh kita yang sedang dalam kondisi kosong pasti akan kehilangan banyak cairan tubuh apalagi bagi anda yang memiliki aktivitas dan mobilitas tinggi. Rasa haus dan lapar yang berlebihan sudah pasti jadi tantangan terberat untuk tetap bisa menjalankan puasa sampai full setiap harinya.

Supaya kondisi tubuh kita selalu prima selama menjalankan puasa ramadhan berikut ini adalah beberapa pilihan makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika datang waktu berbuka dan sahur dan merupakan Cara Supaya Kuat Puasa dan Tidak Merasa Lapar dan Haus yang Berlebihan adalah:

1. Air

Yang utama dan paling utama adalah air, pastikan selama bulan puasa ini kita tidak membiarkan tubuh kita dehidrasi. Maksimalkan pengkonsumsian air munum dikala tiba waktu berbuka puasa dan sahur. Kalian harus memaksakan untuk mau minum air. Jangan malas-malasan karena di bulan puasa kita tidak bisa lagi seenaknya minum ketika diluar jam yang diperbolehkan makan dan minum karena tentunya hal tersebut akan membatalkan puasa kita. Oleh karena itu, asupi cairan tubuh kita dengan air minum secukupnya.

 

2. Makan-makanan yang berprotein tinggi

Selama berpuasa, tubuh kita akan kehilangan banyak sekali nutrisi dalam tubuh oleh karena itu usahakan ketika berbuka puasa, kalian sempatkan makan-makanan yang memiliki protein yang tinggi supaya tubuh anda kembali bugar. Makanan berprotein tinggi bisa didapatkan dari daging merah dan dada ayam.

 

3. Buah Kurma, Buah-buahan dan Sayuran

Buah kurma merupakan primadona di bulan puasa. Jangan salah, buah ini sangat ajaib. Buah kurma asli mampu mengembalikan stamina tubuh kita menjadi segar bugar dengan kandungan gula alami yang baik untuk kesehatan. Bahkan apabila anda terlambat memasak makanan ketika menjelang imsak dan hanya ada beberapa butir buah kurma, anda bisa mengkonsumsi buah tersebut sebagai pengganti makanan sahur (apabila benar-benar kepepet) dan menurut pengalaman saya, sahur dengan hanya mengkonsumsi buah kurma mampu menyamarkan rasa lapar yang berlebihan ketika kita sedang menjalankan puasa. Selain buah kurma, buah-buah lainnya pun sangat baik untuk dikonsumsi. Tak lupa pula untuk selalu menghidangkan sayuran hijau di meja makan kita. Karena dengan mengkonsumsi sayuran tubuh kita akan menjadi terasa ringan dan mudah bergerak (tidak kaku).

 

4. Jangan terlalu banyak makan-makanan yang manis ketika kita berbuka

 

Kita boleh langsung memakan-makanan yang manis, tapi jangan terlalu banyak kaena hal itu akan membuat perut kita penuh dan kita akan merasa kenyang padahal pada kenyataannya isi perut kita masih perlu nutrisi dari makanan-makanan utama. Karena kalau hal tersebut terjadi, kita akan merasa malas untuk mengunyah makanan lagi dan lebih memilih untuk langsung tidur. Alhasil ketika sedang berpuasa, perut kita akan keroncongan. Silahkan makan makanan yang manis asalkab perut kalian sudah terlebih dahulu diisi dengan makanan utama.

 

5. Mensegerakan berbuka puasa dan mengakhirkan sahur

 

Mensegerakan berbuka puasa ketika waktu berbuka sudah tiba memang menjadi salah satu keutamaan dan sumber pahala dalam berpuasa. Kita jangan mengulur-ngulur waktu dalam berbuka puasa. Pastikan selalu siap-siaga makanan atau kurma dan air di dekat anda sehingga ketika sewaktu-waktu adzan maghrib berkumandang, kalian bisa langsung berbuka puasa. Sementara itu kebalikan dari berbuka, untuk sahur sangat dianjurkan bagi kalian untuk diakhirkan maksimal 20 menit sebelum datangnya waktu imsyak. Dengan demikian perut dan tubuh kita akan ada dalam kondisi full tenaga / kenyang ketika waktu berpuasa pada hari tersebut sudah dimulai serta memperpendek perjuangan kita menahan haus dan lapar dari subuh sampai maghrib.

 

Itulah Cara Supaya Kuat Puasa dan Tidak Merasa Lapar dan Haus yang Berlebihan, Selamat mencoba. Semoga betmanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *