Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses Serta Pengertian Dropship dan Bagaimana Cara Memulainya

Apa itu Dropship dan Dropshipper?

Dropship adalah salah satu model bisnis dalam dunia online shop yang mana sang penjual akan membantu menjualkan produk buatan orang lain. Pelaku bisnis ini biasa disebut sebagai seorang Dropshipper. Penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan, mempromosikan dan menjual barang milik pihak lain atau kita sebut sebagai supplier, tanpa perlu membelinya terlebih dahulu. Dengan demikian bisnis dropship juga bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun asalkan anda memiliki koneksi jaringan internet dan toko online. Anda sudah bisa menjadi Dropshipper yang sukses.

Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses
Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses

Apa Perbedaan Dropshipper dengan Reseller?

Perbedaan Dropshipper dan Reseller adalah dari segi keberadaan produk yang dijualnya. Kalau seorang Dropshipper sama sekali tidak akan melihat secara langsung barang yang ia bantu jual, istilahnya mereka hanya “berjualan” foto. Ya, mereka hanya menggunakan foto-foto produk yang diambil dari berbagai sumber, diedit sedemikian rupa supaya bisa menarik perhatian calon pembeli dan para calon pembeli yakin bahwa anda benar-benar memiliki stock barang tersebut secara nyata. Padahal sebenarnya anda sama sekali tidak memilikinya.

Sementara Reseller mereka bisa 2 kemungkinan tergantung platform apa yang mereka gunakan. Kalau reseller online, mereka bisa menjalankannya dengan metode yang hampir sama dengan seorang Dropshipper, namun kalau reseller offline, mereka wajib memiliki stock barang dari suppliar mereka untuk dipajang dan ditampilkan kepada calon pembeli secara langsung.

Bisnis Dropship merupakan bisnis cerdas di era perkembangan teknologi saat ini, bagaimana tidak, hanya dengan bermodalkan foto yang diambil dari berbagai sumber, anda bisa langsung bisa berjualan. Hal yang paling utama untuk bisa terjun ke bisnis dropship adalah pemahaman tentang dunia internet dan toko online. Anda bisa membuat toko online sendiri dengan membeli domain dan hosting, atau anda bisa membuat toko online anda di semua platform e-commerce ternama di Indonesia.

Dunia internet memang membawa pengaruh besar dalam perkembangan model bisnis di masyarakat. Dengan menggunakan internet anda bisa mendapatkan keuntungan besar dengan modal yang relatif lebih murah dari Menjadi seorang Dropshipper.

Baca Juga

Cara Memulai untuk Jadi Seorang Dropshipper?

Cara Memulai untuk Menjadi Seorang Dropshipper adalah dengan membuat sebuah toko online baik itu toko online anda sendiri dengan cara membeli domain dan hosting, atau membut toko oline anda di berbagai e-commerce ternama, selanjutnya upload foto-foto produk yang akan anda jual, temukan supplier yang amanah dan terpercaya, lakukan promosi produk-produk yang anda jual ke semua akun media sosial anda. Itulah cara untuk memulai jadi seorang Dropshipper yang sukses.

Alur Transaksi dalam Bisnis Dropship

Apabila anda berhasil mendapatkan pembeli, barang yang dibeli oleh pembeli anda tersebut akan dikemas dan dikirimkan secara langsung oleh supplier atas nama anda atau toko anda sendiri sebagai dropshipper. Namun untuk perputaran uangnya, terlebih dahulu calon pembeli harus mengirimkan uang sejumlah harga barang dijual kepada anda sebagai dropshipper. Uang tersebut kemudian anda transfer ke supplier langganan anda sejumlah harga kesepakatan atau harga khusus yang diberikan oleh supplier untuk anda.

Pastikan antara harga jual anda ke para pembeli anda dan harga beli anda ke supplier anda itu memiliki selisih yang cukup jauh supaya anda bisa mengambil keuntungan dari selisih harga tersebut. Anda bisa mengambil untuk sebanyak Rp 5.000 – Rp 20.000 per produk di luar ongkos kirim tentunya. Dengan metode Dropship ini, anda tidak perlu lagi harus pusing memikirkan produksi dan antar barang. Anda hanya fokus pada tampilan toko online anda, promosi dan transaksi pembayaran saja.

Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses

Nah, setelah mengetahui tentang bisnis dropship dan dropshipper kita sudah bisa mulai beralih ke pembahasan tentang bagaimana cara menjadi dropshipper yang sukses. Agar bisnis anda bisa mendapat kesuksesan dalam waktu yang cepat dari bisnis Dropship ini, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pilihlah Jenis Produk yang Paling Banyak Peminatnya

Saat berbisnis, Anda harus pandai memilah dan memilih mana yang akan membawa keuntungan mana yang tidak. Semakin banyak peminat akan produk yang Anda pilih, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan akan semakin besar. Jadi Anda harus pandai mencari produk apa yang akan Anda jual sebagai dropshipper.

Pilihlah dengan matang dan pikirkanlah secara detail apa saja kekurangan serta kelebihan produk tersebut sebelum memutuskan memilihnya. Anda bisa memilih produk yang akan anda jual dari pengalaman anda sendiri ketika memakai produk tersebut sehingga anda memiliki pengetahuan lebih mengenai produk tersebut. Atau pilihlah produk-produk yang menjadi best seller atau terlaris di berbagai e-commerce ternama yang ada di Indonesia saat ini.

2. Carilah Supplier Terpercaya yang Memiliki Barang Berkualitas dengan Harga yang Terjangkau

Untuk menjadi seorang Dropshiper yang sukses anda harus bisa memilih supplier yang jujur dan terpercaya. Karena anda sama sekali tak bersentuhan dengan produk yang akan dijual, maka Anda harus sangat teliti dalam memilihnya. Karena supplier yang tidak tepat akan membuat Anda rugi besar. Komplain hanya akan dilakukan oleh pembeli pada Anda. Bukan pada sang supplier walaupun barang / produk yang anda jual sepenuhnya diurus oleh supplier. Jadi anda harus sangat teliti dalam memilih supplier. Anda bisa mendapatkan Supplier yang jujur dan terpercaya dari pengalaman anda berbelanja ke toko online. Apabila anda merasa pelayanan dari pemilih toko online tersebut sangat memuaskan, maka anda bisa memilihnya sebagai supplier anda.

Dengan demikian, Anda bisa memastikan bahwa supplier ini benar – benar terpercaya. Produknya memang bagus dan memiliki kualitas. Jadi kemunginan untuk mendapatkan komplain dari pembeli anda akan bisa diminimalisir. Terkait harga juga harus Anda pertimbangkan. Carilah supplier yang jujur, terpercaya, memiliki produk-produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga

3. Menetapkan Nilai Jual yang Pas dan Pemberian Promo yang Menarik

Untuk cara menjadi dropshipper selanjutnya ialah menetapkan harga yang Pas. Dalam bisnis Dropship ini, anda bisa mendapatkan untung dari selisih harga jual antara harga jual anda ke pembeli dan harga beli anda ke supplier. Karena anda sama sekali tidak terlibat dalam pengolahan produk sampai ke pembeli anda, mulai dari pembutan, pengemasan, hingga pengiriman, maka anda harus pandai menetapkan harga yang pas sehingga bisa menghasilkan keuntungan bagi anda.

Jangan lupa berikan pelayanan yang maksimal kepada para pembeli anda dengan cara selalu merespon cepat setiap kali berinteraksi dengan mereka. Yakinkan pada mereka tentang jaminan kualitas produk yang anda jual tersebut. Sekali-kali berikan promo-promo menarik seperti gratis ongkos kirim, pemberian bonus 1 apabila membeli 2 unit, diskon harga atau give away. Strategi tersebut akan mampu memikat para pembeli untuk datang ke toko online anda dan membeli produk yang anda jual.

4. Bangun Reputasi Toko Online Anda Sebaik Mungkin Sebagai Identitas Bisnis Anda

Cara menjadi dropshipper yang sukses selanjutnya adalah membangun reputasi toko online anda sebagai identitas bisnis. Anda dapat melakukannya melalui pembuatan dan pengelolaan website toko online sendiri, Membuka toko online di berbagai e-commerce ternama atau bisa juga di berbagai sosial media yang anda miliki. Buatlah logo khusus sebagai identitas toko online anda supaya terlihat profesional di mata para pelanggan atau pembeli. Anda juga harus selalu menjaga kepercayaan dari pelanggan dengan selalu memberikan pelayanan yang ramah dan respon yang cepat.

Itulah penjelasan lengkap tentang cara menjadi dropshipper yang sukses serta pengertian dropship dan bagaimana cara memulainya. Semoga artikel ini berguna bagi anda. Jangan lupa untuk share ke akun media sosial kamu supaya bisa bermanfaat bagi yang lainnya. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *