Cara Mendapatkan IPK Tinggi

Cara mendapatkan IPK tinggi ini bisa dilakukan oleh siapapun tidak perlu ia memiliki kejeniusan tinggi. IPK atau Index Prestasi Kumulatif adalah total raihan nilai dari gabungan nilai selama 8 semester masa perkuliahan Sarjana 1 (S1) berlangsung.  Harus anda pahami bahwa bagi setiap mahasiswa/i IPK tinggi merupakan suatu raihan prestasi yang bisa dibanggakan. IPK tinggi juga adalah hal pertama yang dilihat ketika para pencari kerja khususnya bagian Human Resource Department (HRD) membuka Curriculum Vitae (CV) kita. Sebelum mengenal kita lebih jauh, mereka akan menilai secara sekilas dari raihan IPK yang tertera di CV kita. Semakin tinggi nilai IPK kita maka semakin meyakinkan nilai kita di mata mereka. Karena dengan kita memiliki IPK tinggi sudah menjadi garansi di awal bahwa kita akan sangat mudah untuk bisa langsung mengerti cara mengerjakan pekerjaan sesuai dengan bidang dan posisi yang kita pilih.

 

Jadi jangan terpengaruh oleh slogan “buat apa IPK tinggi gak ada gunanya, skill lah yang utama” tentu hal tersebut tidak benar-benar tepat. Dengan kita memiliki IPK tinggi, kita akan mudah meningkatkan skill kita secara maksimal karena otak kita encer sehingga tidak sulit untuk mahir di suatu bidang secara singkat.

 

Berikut ini adalah cara mendapat IPK tinggi.

1. Pilihlahlah jurusan kuliah yang kamu suka

 

Memilih jurusan kuliah yang kamu suka merupakan kunci utama dalam meraih IPK tinggi. Perlu anda garis bawahi bahwa proses perkuliahan dari awal masuk sampai lulus itu maksimal membutuhkan waktu selama 4 tahun, oleh karena itu minimal kamu harus punya dorongan yang kuat untuk bisa menjalaninya setiap hari. Dengan memilih jurusan yang kamu sukai, kamu akan memiliki dorongan otomatis dari dalam diri kamu untuk bisa selalu on time dalam mengumpulkan tugas, belajar dengan tekun, menyimak apa yang diterangkan dosen di depan kelas dan juga punya semangat untuk bisa bangun dan berangkat ke kampus setiap harinya.

 

2. Selalu mengumpulkan tugas paling cepat dan tepat waktu

 

Tugas merupakan point penting dalam pemberian nilai bagus oleh dosen kepada para mahasiswa/i nya. Untuk memperoleh IPK tinggi, kamu harus memandang penting setiap tugas yang diberikan oleh para dosen kamu. Kerjakan tugas itu sesegera mungkin jangan menunda-nunda untuk mengerjakannya atau sengaja mengerjakannya di jam-jam terakhir. Semakin cepat tugas kamu terselesaikan semakin baik nilai kamu di mata dosen kamu. Kalaupun tidak benar semua tugas yang kamu kerjakan itu, setidaknya kamu sudah mendapat nilai plus karena mengirimkan atau mengumpulkannya paling cepat.

 

3. Hentikan bersaing dengan teman sekelas ajaklah mereka bekerjasama

 

Perlu anda garis bawahi, untuk mendapatkan nilai tinggi di kuliah tentu sangat berbeda dengan ketika kamu masih di SMA dimana persaingan untuk menjadi yang paling unggul di anatara teman-teman kelas masih sering dipertontonkan. Nah ketika kamu sudah memasuki dunia kuliah, buang sifat itu jauh-jauh. Ketika kamu duduk di bangku kuliah, selain gelar dan ilmu, kamu juga sangat memerlukan link untuk mempermudah masa depan kamu. Jadi pastikan ajak semua teman kelas kamu untuk bekerja sama atau kalaupun tidak, jangan jadikan mereka saingan-saingan kamu. Itulah 3 cara jitu mendapatkan IPK tinggi.

 

4. Selalu menghormati para Dosen

 

Dosen adalah sumber ilmu kita di kampus. Bagaimanapun bentuk mereka, semuda apapun usia mereka kita wajib bersikap sopan dan hormat kepadanya. Berperilaku baik terhadap Guru merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan ilmu yang berkah dan bermanfaat.

 

5. Berdoa kepada Tuhan

 

Dari semua poin di atas, Doa kepada tuhan menjadi sumber dari segala sumber keberkahan menjalani kehidupan. Sepintar apapun kita kalau kita tidak pernah mau berdoa, meminta pada Tuhan akan percuma karena itu artinya kita sombong. Ketahuilah bahwa segala kehebatan yang ada pada diri kita itu semua atas pemberian dari Tuhan juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *