Cara Bersosialisasi di Lingkungan Masyarakat Bagi Para Introvert

Cara Bersosialisasi di Lingkungan Masyarakat tentu tidak sama mudahnya antara satu orang dengan orang lain tergantung karakter yang dimiliki orang tersebut. Seperti yang telah kita pahami bersama bahwa manusia dibedakan setidaknya ke dalam 2 jenis karakter yaitu extrovert dan introvert. Bagi orang-orang yang memiliki karakter dominan extrovert akan secara alami memiliki kemampuan yang baik dalam hal bersosialisasi. Mereka akan sangat senang dan terbuka dalam berinteraksi di lingkungan sosial walaupun terhadap orang baru. Berbeda halnya apabila kalian memiliki karakter introvert. Bagi para introvert bersosialisasi merupakan hal yang tidak bisa dibilang mudah, bahkan mereka memilih untuk menarik diri dari keramaian serta cenderung lebih suka menyendiri. Walaupun demikian tidak berarti para introvert tersebut tidak membutuhkan teman. Mereka sama seperti para extrovert juga membutuhkan teman hanya saja para introvert bisa baik-baik saja dengan jumlah teman yang sedikit atau sama sekali gak ada teman sekalipun.

 

Harus anda pahami bahwa bersosialisasi itu sangat penting apapun karakter kamu saat ini, karena kita hidup di dunia ini gak bisa melakukan segala halnya seorang diri. Perlu adanya bantuan dan kerjasama dengan orang lain yang kita kenal dari proses bersosialisasi.

 

Orang yang kurang bersosialisasi dapat membuat circle hubungan sosial mereka menjadi kecil dan sedikit. Sehingga sering membuat org yang sangat kurang bersosialisasi tersebut tertinggal dengan hal-hal yg berkaitan dengan hubungan sosial. Dimana mereka akan lebih sering menyendiri. Dan tidak mudah bergaul dengan orang lain. Jika dia bergaul dengan orang lain maka pasti akan merasa grogi dan canggung, karena ia terbiasa berinteraksi dengan pikirannya sendiri. Kebanyakan dari mereka juga tidak punya rasa percaya diri yg besar. Dan sulit dalam berkomunikasi yang baik dan mengalir lancar.

 

Lalu, bagaimana cara bersosialisasi secara umum ?

 

Cara agar dpt bersosialisasi secara umum adalah dengan mengikuti beberapa organisasi di sekolah atau kampus atau berkomunikasi dengan lingkungan paling dekat yaitu keluarga dan mempunyai minimal 1 orangĀ  sahabat yang sangat di percaya sehingga ia bisa berkomunikasi lebih baik. Ada kalanya orang tersebut juga harus memberanikan diri untuk bersosialisasi tanpa ada paksaan dan mengubah rasa takut itu menjadi rasa percaya diri.

Lalu, bagaimana cara agar dpt bersosialisasi bagi para introvert ?

 

Jika orang yang punya karakter introvert dipaksa untuk bersosialisasi maka malah tidak akan berdampak baik. Beri dia waktu untuk sendiri dan memikirkan apa yang baik untuknya, bagaimanapun seorang introvert masih perlu bersosialisasi hanya saja tidak seurgent para extrovert. Bukan tidak ada niat bagi para introvert untuk bersosialisasi di lingkungan tempat mereka berada, tapi tidak ada keberanian untuk membuka diri dan memulai untuk membuka percakapan dengan orang lain. Kita harus mencintai diri sendiri maka saat kita mencintai dan memahami diri sendiri kita tau apa yg kita lakukan apa yg kita mau.

 

Selain itu, orang terdekatnya hanya punya tugas untuk mendukung dan memberi arahan bahwa dia membutuhkan sosialisasi karena manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa berdiri sendiri.

 

Paling tidak, ia akan mencari jalan untuk tetap bersosialisasi dengan cara-cara sebagai berikut:

 

1. Memiliki circle pertemanan dengan orang-orang yang humornya tinggi. Yak, para introvert sangat suka dan nyaman apabila bersama orang-orang yang humoris.
2. Berada di lingkungan yg membuatnya nyaman.
3. Belajar menerima kekurangan kita dan mengubahnya jadi kelebihan.
4. Memberanikan diri dan menumbuhkan rasa percaya diri.

 

Itulah Cara Bersosialisasi di Masyarakat Bagi Para Introvert, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *