7 Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Menjaga kolesterol dalam darah tetap baik bisa dilakukan dengan cara yang mudah yakni dengan merubah gaya hidup serta pola makan menjadi lebih sehat. Kolesterol yang tinggi bisa menimbulkan berbagai macam penyakit serius.

Ada dua jenis kolesterol yang terdapat dalam tubuh manusia yaitu kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) yang merupakan zat penting untuk metabolisme tubuh dan Kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) yang berperan dalam proses penimbunan lemak pada pembuluh darah. Terjadi kolesterol tinggi ketika kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal yaitu lebih dari 200 mg/dl. Apabila dibiarkan akan meningkatkan munculnya risiko penyakit serius, misal penyakit stroke dan jantung yang bisa mengancam nyawa anda.

Mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh sangat penting dilakukan agar kesehatan anda tetap terjaga dengan baik. Selain itu, bentuk kewaspadaan terhadap kolesterol tinggi dapat menjadi upaya dalam mencegah datangnya berbagai macam penyakit serius di dalam tubuh kita. Berikut ini adalah 7 cara menurunkan kolesterol secara alami:

1. Perbanyak Mengonsumsi Buah dan Sayur

Salah satu cara menurunkan kolesterol terbaik dan cepat dalam tubuh ialah mengonsumsi sayur dan buah 500 gram setiap hari. Kolesterol jahat (LDL) akan menurun jika sering mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya akan serat.

2. Menghindari Makanan Berlemak

Pengidap kolesterol tinggi sangat bermusuhan dengan makanan berlemak, seperti goreng-gorengan, makanan cepat saji dll, sebab dapat memicu kolesterol naik. Cara menurunkan kolesterol dapat dengan makanan redah lemak, antara lain ikan, daging, tahu, putih telur, dan tempe.

3. Mengonsumsi Makanan Kaya Omega-Tiga

Makanan kaya Omega-3 merupakan makanan yang disarankan untuk penderita kolesterol tinggi. Makanan yang mengandung Omega-3 bisa didapatkan dari ikan salmon, tuna, biji chia bisa membantu menurunkan kolesterol serta trigliserida dalam darah.

Baca Juga

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dengan Menggunakan Bahan-bahan Alami yang Bisa Anda Dapatkan dengan Mudah dan Murah

5 Pola Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan dari Rumah | Tubuh Sehat dan Segar Bugar Jauh dari Berbagai Penyakit

4. Mengonsumsi Makanan Mengandung Serat Larut

Pilihan terbaik cara menurunkan kolesterol dalam tubuh adalah makanan yang banyak mengandung serat larut. Mengonsumsi beberapa pilihan makanan kaya serat larut, antara lain alpukat, brokoli, ubi jalar, wortel, pir, apel, dan gandum. Selain itu, kacang merah dan biji rami, lalu bisa menambah dengan mengonsumsi produk suplemen maupun minuman yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. Kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh mampu menurun oleh beta glucan.

Inulin memiliki manfaat menurunkan kolesterol total dan trigliserida dalam darah. Jika, ingin menggunakan suplemen maupun minuman yang terbaik untuk membantu menurunkan kolesterol sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

5. Mengontrol atau Mengendalikan Berat Badan

Berat badan ideal harus dikontrol sebagai kunci turunkan kolesterol tinggi. Mempunyai berat badan lebih sangat rentan mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh. Menerapkan diet sehat untuk menjaga berat badan ideal.

6. Melakukan Olahraga Teratur

Cara menurunkan kolesterol dalam tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga akan membuat badan lebih sehat dan bugar, akan tetapi bisa juga membantu menurunkan kolesterol jahat, tingkatkan kolesterol baik pada tubuh. Usahakan melakukan olahraga dengan teratur dan rutin agar tubuh terasa segar. Menjalankan rutinitas olahraga jika belum terbiasa memang berat, tetapi akan lebih baik kalau melakukannya. Hal itu, sebagai langkah efektif turunkan kolestrol tinggi.

7. Menghindari Rokok

Kebiasaan merokok memiliki banyak efek buruk bagi kesehatan tubuh, sehingga perlu mewaspadainya. Merokok juga berdampak terhadap keseimbangan kolesterol sehingga menjadi terganggu. Bukan hanya perokok aktif tetapi pasif juga bisa merasakan dampaknya. Kebiasaan merokok mampu menurunkan kolesterol baik serta membuat pembuluh darah menjadi kaku. Dengan begitu, akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Berhentilah merokok agar kolesterol tetap terjaga dan terkontrol dengan baik. Konsumsi makanan sehat dan rendah lemak sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi secara alami dan hindari atau segera berhenti dari kebiasaan merokok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *