Gempa Terkini Mengguncang Daerah Selatan Yogyakarta Bermagnitudo 5,1 Membuat Beberapa Rumah Rusak dan Getarannya Terasa Sampai ke Beberapa Kota di Jawa Tengah

Gempa Terkini yang Terjadi di Wilayah Indonesia

Gempa terkini mengguncang daerah selatan Yogyakarta di hari Senin tanggal 28 Juni 2021 pada pukul 05.15 WIB dengan kekuatan 5,1 magnitudo. Menurut Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengkonfirmasi bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami,” kata Daryono, Senin Tanggal 28 Juni 2021.

Gempa Terkini Mengguncang Daerah Selatan Yogyakarta
Gempa Terkini Mengguncang Daerah Selatan Yogyakarta

Gempa tersebut berlokasi di kedalaman 48 kilometer, pada jarak 55 kilometer arah barat daya Gunungkidul, Yogyakarta. Pusat gempa Episenter menyatakan bahwa gempa yang terjadi terletak pada koordinat 8,56 LS dan 110,58 BT. Berada di dalam laut pada jarak 66 km arah selatan Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jenis gempa Gempa yang terjadi pagi hari tersebut bukan merupakan gempa megathrust yang sedang kita waspadai bersama-sama dimana gempa megathrust tersebut kemungkinan akan terjadi akibat benturan Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia namun para ilmuan belum bisa memprediksi waktunya.

Baca Juga

Tipe Gempa Menengah yang Getarannya Terasa ke Beberapa Kota di Jawa Tengah

Gempa terikini di Yogyakarta kali ini merupakan tipe gempa menengah. Gempa diakibatkan adanya deformasi/patahan dalam Lempeng Indo-Australia, dengan mekanisme sumber pergerakan secara naik-mendatar (oblique thrust fault). Walaupun demikian getaran ynag dihasilkan oleh Gempa tersebut tidak hanya dirasakan oleh masyarakat yang berada di wilayah Yogyakarta saja, akan tetapi dapat dirasakan pula oleh masyarakat yang berada di Bantul, Gunungkidul, Surakarta, Purworejo, Trenggalek, Blitar, Nganjuk, Tulungagung, Cilacap, Sleman, Yogyakarta, Klaten, Kebumen, Malang, Banjarnegara, Solo. bahkan sampai di wilayah Malang Jawa Timur.

Mengakibatkan Kerusakan Berskala Kecil

Hingga pukul 06.00 WIB pagi tadi, berdasarkan hasil monitoring dari BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Namun masyakat diharapkan untuk tetap waspada dan selalu siap-siaga menghadapi gempa dan jangan terlalu panik. Gempa kategori menengah yang terjadi di daerah selatan Yogyakarta ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Gempa ini hanya menimbulkan kerusakan berskala kecil terhadap beberapa rumah warga, tepatnya warga yang tinggal di Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang, yang genteng rumahnya berjatuhan akibat getaran gempa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *