Cara Ampuh Menghadapi Interview Kerja Hingga Lolos dan Diterima Kerja

Cara Ampuh Menghadapi Interview Kerja Hingga Lolos dan Diterima Kerja – merupakan impian semua orang. Interview kerja adalah tahapan akhir dari proses melamar pekerjaan pada suatu perusahaan. Tahap Interview kerja ini sangat menuntukan. Jawaban dan performa anda ketika menghadapi berbagai pertanyaan di tahapan interview kerja akan menentukan apakah anda layak diterima bekerja atau tidak.

 

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa sebelum masuk ke tahapan interview kerja, kita harus melewati beberapa tahapan awal seperti mengirimkan surat lamaran kerja beserta lampiran cv dan data diri lainnya, apabila tahapan itu lolos, maka kita akan lanjut ke tahapan tes seleksi kerja. Pada umumnya tes seleksi kerja ini terdiri dari tes matematika dasar, bahasa inggris, logika dan tes simulasi posisi yang kita lamar. Setelag lolos pada tahapan ini kita akan lanjut ke tahap interview kerja. Nah apabila kita lolos di tahap interview kerja maka kemungkinan besar anda pasti akan diterima di perusahaan yang anda idam-idamkan itu hanya tinggal masuj ke tahap tes kesehatan.

Dalam tahap interview kerja akan ada lumayan banyak pertanyaan yang diberikan oleh reviewer kepada kita yang harus kita jawab dengan meyakinkan dan mengesankan. Lalu apa saja pertanyaan-pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh pewawancara kepada kita sebagai pencari kerja ?

 

Perlu anda ketahui dalam interview kerja ada pertanyaan yang standar dan ada pertanyaan jebakan. Kita harus memahami hal tersebut.

 

Pertanyaan standar contohnya:

1. Apa yang membuat kami harus memilih anda untuk mengisi posisi ini ?

2. Apa kelebihan anda sehingga kami harus memilih anda untuk mengisi posisi ini ?

2 pertanyaan di atas hendaklah kalian jawab dengan penuh percaya diri, kalian harus bisa menampilkan semua keahlian yang dimiliki serta semangat yang besar dalam menjelaskannya jangan terkesan ogah-ogahan.

Pertanyaan menjebaj contohnya:

– Coba sebutkan apa saja kelemahan yang kamu miliki ?

Pertanyaan ini sebenarnya bertujuan untuk menjebak para pencari kerja, jawaban dari pertanyaan ini bukanlah menyebutkan kelemahan kalian yang sebenarnya seperti sering lupa, teledor, jarang mandi, suka menyendiri dll. Jangan pernah menyebutkan hal tersebut karena pasti kalian akan diblack list. Tidak akan dipakai. Walaupun pada kenyataannya memang sifat-sifat tersebut misalkan ada pada diri kalian.

 

Jawablah dengan jawaban yang menggambarkan sebuah kelemahan yang mengakibatkan kerugian pada diri sendiri misalkan:

– Kelemahan saya adalah saya sering tidak menghiraukan waku makan siang ketika pekerjaan belum selesai dengan baik.

– Kelemahan saya adalah saya selalu rela untuk over hour ketika merasa pekerjaan saya belum selesai pada hari itu yang memang bisa diselesaikan hari itu juga.

 

Intinya jawaban untuk pertanyaan menjebak seperti ini adalah jawaban yang terkesan merugikan diri sendiri tapi menguntungkan untuk perusahaan dari segi loyalitasnya.

 

Nah hal yang paling penting supaya kamu bisa menghadapi interview kerja dengan sukses adalah usahakan datang ke tempat interview 30 menit sebelum waktu interview dimulai. Jangan pernah kalian dadakan dan mepet-mepet datangnya. Dengan datang lebih awal, kalian akan bisa beradaptasi terhadap suasana tempat interview dan juga pikiran kalian akan jernih serta terfokus. Sehingga ketika kalian sedang diinterview kalian akan bisa menjawab semua pertanyaan dengan maksimal. Selamat mencoba yak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

 

Jangan lupa untuk bantu share blog ini ke semua media sosial yang kalian miliki sehingga bisa lebih bermanfaat untuk banyak orang. Amin

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *